Monday, June 16, 2014

Windows 8: Sistem Operasi Yang Saya Gunakan Saat Ini

Kebutuhan Akan Sistem Operasi 
Pada saat ini, hampir semua sistem operasi telah memenuhi tiga sasaran utama dari diciptakannya sistem operasi itu sendiri, yaitu Kenyamanan, efisien, sertam mampu berevolusi. Oleh karena itu, sebagai user, kita harus lebih cermat dalam menentukan nilai tambah apa yang masing-masing OS tersebut tawarkan dan mana yang cocok untuk kita gunakan. Sebagai pengguna perangkat komputer yang masih cukup awam, saya memilih untuk menggunakan sistem operasi yang mudah digunakan/tidak membingungkan, cepat(responsif), dan kinerjanya sesuai dengan perangkat yang saya gunakan. Selain itu, seperti banyak pengguna lainnya, lebih memilih OS yang mendukung banyak pilihan software untuk digunakan(memiliki banyak developer yang mengembangkan software/aplikasi pada OS tersebut).

Sistem Operasi Yang Digunakan dan Kelebihannya 
Sistem operasi yang saya gunakan saat ini yaitu Microsoft Windows 8. Alasan awal saya memilih OS tersebut karena cocok dengan perangkat yang saya gunakan. Windows 8 memberikan dukungan terhadap perangkat touchscreen (multitouch) yang responsif yang cocok untuk penggunaan tabletpc hybrid. Dari sisi kenyamanan, seperti yang sudah banyak orang ketahui, Sistem Operasi seri Windows keluaran Microsoft cukup user-friendly. Namun pada windows 8 ini, dilakukan perubahan cukup signifikan terhadap tampilan dan beberapa akses setting control-nya. Untuk pengguna windows seri sebelumnya harus mempelajari lebih lanjut untuk dapat menggunakan OS ini dengan nyaman. Untuk dukungan software, microsoft sendiri menyediakan layanan windows store, dimana para pengguna dapat memilih dan mengunduh banyak pilihan aplikasi baik berbayar maupun gratis. Proses penginstalan juga tidak rumit dan menggunakan banyak tahap, seperti seri-seri sebelumnya Selain itu, semua software dan aplikasi dari windows sebelumnya dapat disesuaikan dan digunakan pada os ini.

Dari sisi teknis, windows 8 memiliki kecepatan yang lebih baik dari OS pendahulunya. Proses booting dan shutting down, browsing, serta transfer data menjadi lebih cepat. Selain itu, OS yang saya gunakan merupakan windows 8 64-bit, sehingga tidak membatasi performa hardware yang memiliki kemampuan tinggi.

No comments:

Post a Comment