BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
Perkembangan
teknologi di dunia saat ini, tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan
manusia selamanya, selama peradaban manusia masih ada, teknologi akan terus
menjadi hal terpenting dalam kehidupan manusia. Selain itu, perkembangan
teknologi pun membuat proses pencarian informasi semakin cepat dan efisien.
Adanya
mobilitas manusia yang cukup tinggi karena perkembangan zaman saat ini,
menyebabkan kebutuhan informasi yang cepat dan efisien, khususnya bagi mahasiswa.
Dengan segala aktifitas yang kian padat
menjadikan mahasiswa memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Terkadang hal yang
tidak menjadi prioritas namun suatu kewajiban terlalaikan. Salah satu faktor
penyebabnya adalah terbatasnya akses ke informasi dan kurangnya sarana yang
dapat membantu mahasiswa dalam mengatur kegiatannya.
Pada Universitas Gunadarma, telah disediakan
website-website tertentu sebagai sarana informasi dan komunikasi bagi semua
yang bernaung di bawahnya. Namun, dibutuhkan koneksi jaringan dan langkah yang
cukup banyak untuk memperoleh informasi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan
satu sarana yang ringkas dan efisien, tidak memakan waktu dan banyak biaya,
yang dapat membantu para mahasiswa tetap
fokus dalam menjalankan perkuliahannya
Seiring dengan
tingkat mobilitas yang tinggi, beberapa tahun terakhir tengah marak piranti
genggam atau handheld device. Beberapa diantaranya yang berkembang dengan pesat
adalah Handphone dan Tablet dimana hampir setiap mahasiswa memilikinya. Sebagai
contoh, handphone yang sedianya sebagai alat komunikasi, saat ini sudah lebih
dari fungsi dasarnya. Berbagai macam fitur telah ditanamkan, seperti pengolah
gambar dan video, pengolah dokumen dan lain sebagainya. Hal ini tak lepas dari
penggunaan Sistem Operasi pada piranti genggam. Layaknya pada komputer, Piranti
genggam ini juga dapat di instal berbagai macam aplikasi yang diinginkan.
Android sebagai
Sistem Operasi berbasis linux yang dapat digunakan di berbagai perangkat
genggam. Android memiliki tujuan utama untuk memajukan inovasi piranti bergerak
agar pengguna mampu mengeksplorasi kemampuan dan menambah pengalaman lebih
dibandingkan dengan platform mobile lainnya. Untuk itu, akan dikembangkan
Aplikasi Asisten Perkuliahan Universitas Gunadarma Berbasis Android. guna
memudahkan Mahasiswa Universitas Gunadarma dalam menjalani proses perkuliahan.
1.2.Rumusan
Masalah
Adapun permasalahan yang ada pada tugas akhir ini yaitu:
a. Bagaimana membangun dan merealisasikan
suatu aplikasi yang dapat digunakan di berbagai tempat dan bisa disimpan secara
offline untuk mengetahui informasi-informasi akademik mahasiswa?
b. Bagaimana melakukan parsing
data atau pengambilan data pada website milik
Universitas Gunadarma secara otomatis?
c. Bagaimana membangun dan merealisasikan
suatu aplikasi yang dapat digunakan sebagai reminder penyelesaian tugas-tugas
kuliah bagi mahasiswa?
d. Bagaimana cara untuk
menggabungkan kedua aplikasi di atas menjadi satu aplikasi berbasis Android
yang stabil, yang bisa digunakan secara efisien oleh mahasiswa?
1.3.Batasan
Masalah
Adapun batasan masalah yang digunakan pada tugas akhir ini, antara
lain :
a. Aplikasi yang dikembangkan
pada device berbasis Android
b. berikan informasi tentang jadwal mata
kuliah, jadwal ujian, Rangkuman nilai, BAAK,
dan materi Open Courseware Universitas Gunadarma, serta memiliki fungsi
Pengingat tugas kuliah bagi mahasiswa.
c. Aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh
satu pengguna, dan dikhususkan bagi mahasiswa Gunadarma.
d. Akses data pada aplikasi ini
membutuhkan sambungan GPRS atau WIFI yang berjalan pada Smartphone, yang
kemudian, bisa disimpan secara offline.
e. Semua data dan nilai hasil
pada aplikasi yang dibuat diambil dari website http://baak.gunadarma.ac.id/, http://studentsite.gunadarma.ac.id, dan http://ocw.gunadarma.ac.id/course.
1.4.Tujuan
Tugas
akhir ini bertujuan untuk:
a.
mengimplementasikan aplikasi berbasis Android yang stabil, yang
bisa digunakan secara efisien oleh mahasiswa
untuk melihat informasi akademik, dan membantu menyelesaikan tugas tepat pada
waktunya.
b.
Menjadikan
aplikasi tersebut sarana pembantu perkuliahan bagi seluruh mahasiswa Univesitas
Gunadarma.
1.5.Manfaat
Manfaat
dari pengembangan aplikasi ini adalah:
a.
Membantu
mahasiswa Universitas Gunadarma (khususnya pengguna device berbasis android
mendapatkan informasi akademik dengan cepat dan efisien.
b.
Membantu
mahasiswa mengingat tugas-tugas perkuliahan yang harus dikerjakan.
1.6.Metodologi
Penyelesaian tugas akhir ini melalui beberapa tahap. Metodelogi
untuk dalam penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
a. Studi Literatur
Pada tahap studi literatur ini dilakukan pemahaman tentang
pengembangan aplikasi berbasis android, serta cara pengambilan data dari
website. Pemahaman tersebut digunakan perancangan aplikasi.
b. Desain Sistem
Pada tahap ini dilakukan desain sistem dari aplikasi Asisten
Perkuliahan dengan menggunakan sistem operasi Android dengan menggunakan dasar
studi literatur yang telah dipelajari dan mempelajari konsep dari
teknologi-teknologi yang telah ada. Tahap ini merupakan tahap yang paling
penting dimana bentuk awal aplikasi yang akan diimplementasikan didefinisikan.
c. Perancangan Aplikasi
Tahap ini meliput perancangan sistem dengan menggunakan studi
literatur dan mempelajari konsep dari teknologi yang ada. Tahap ini merupakan
tahap yang paling penting dimana bentuk awal aplikasi yang akan
diimplementasikan didefinisikan. Pada tahapan ini dilakukan desain model data,
desain proses yang ada, dan desain antar muka aplikasi.
d. Pembuatan Aplikasi
Pada tahap ini dilakukan implementasi dari rancangan yang telah
dibuat dari tahap perancangan sebelumnya. Dalam tahap ini dilakukkan
perancangan perangkat lunak pada tiap platform.
e. Uji Coba dan Evaluasi
Pada tahap Dalam uji coba ini akan dilakukan simulasi pencarian
jadwal kuliah, jadwal ujian, rangkuman nilai dengan menggunakan data dari
beberapa Mahasiswa Gunadarma, serta uji coba penggunaan fitur pengingat tugas
kuliah dengan menggunakan simulator. Hasil output pada uji coba Kemudian
dianalisa dan dievaluasi.
Daftar Pustaka
Irvan, Yudhi F. 2010. Kupas Tuntas Android. Jakarta : Gemilang Jaya.
Aryas, Darwis. 2012. Pemrograman Aplikasi Android. Jakarta : Mississippi.
Mahmudah, Dilla. 2010. 14 Jam Mahir Android. Yogyakarta : Bramijaya.
Aryas, Darwis. 2012. Pemrograman Aplikasi Android. Jakarta : Mississippi.
Mahmudah, Dilla. 2010. 14 Jam Mahir Android. Yogyakarta : Bramijaya.
No comments:
Post a Comment