Thursday, November 29, 2012

STRUKTUR ORGANISASI

Setiap organisasi yang efektif pastinya memiliki struktur organisasi. struktur organisasi menentukan hirarki dan struktur pelaporan dalam organisasi, yang kadang juga disebut bagan organisasi. Ada berbagai jenis struktur organisasi yang dianut perusahaan bergantung pada berbagai kondisi, seperti kondisi geografis, produk, daerah, atau hirarki. Singkatnya, struktur organisasi merupakan perencanaan yang menunjukkan organisasi kerja dan susunan sistematis kerja. Penting untuk menemukan struktur organisasi yang terbaik untuk organisasi agar tidak  menghambat fungsi dan tujuan dari organisasi itu sendiri.


Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :

1.      Bentuk Vertikal
Dalam bentuk ini, sistem organisasi pimpinan sampai organisasi atau pejabat yang lebih rendah digariskan dari atas ke bawah secara vertikal.
2.      Bentuk Mendatar / Horizontal
Dalam bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan dari kiri kea rah kanan atau sebaliknya.
3.      Bentuk Lingkaran
Dalam bentuk lingkaran, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinana sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke aarah bidang lingkaran.
4.      Bentuk Setengah Lingkaran
Bagan Setengah lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya.
5.      Bentuk Elliptical
Dalam bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah digambarkan dengan pusat Elips kearah bidang elips
6.      Bentuk Piramid terbalik
Dalam bentuk ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan organisasi atau pejabat terendah digambarkan dalam susunan berbentuk piramid terbalik.

Setiap bentuk bagan organisasi yang ada menggambarkannya dapat dibalik, kecuali bagan lingkaran, bagan elips dan bagan sinar. Bagan pyramid dapat disusun dari bawah kea rah atas, bagan mendatar dapat disusun dari kanan kea rah kiri, bagan menegak (Vertikal) dapat disusun dari bawah ke atas, bagan setengah lingkaran dapat di susun dari pusat lingkaran ke arah bidang atas lingkaran, bagan setengah elips dapat disusun dari pusat elip kea rah bidang atas elip. Dalam bagan lingkaran, bagan elip dapat pula digambar satuan organisasi atau pejabat yang lebih rendah kedudukannya terletak di atas, tetapi ini semua tidak mengubah jenjang ataupun kedudukan yang sesungguhnya.


Macam-macam Skema Organisasi

a.    Berdasarkan teknik atau cara membuatnya :
·   Skema organisasi Tegak Lurus dari atas kebawah
·   Skema organisasi Mendatar dari kiri kekanan
·   Skema organisasi gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
·   Skema organisasi Lingkaran
·   Skema organisasi Gambar

b.    Berdasarkan isi atau fungsi didalamnya :

·   Skema Organisasi Fungsional
Menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi yang lain dan saling berkaitan antara satu dengan yang lain.
·   Skema Organisasi Jabatan
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing, tetang cara bekerja, apa yang harus ia lakukan dan pencapaian yang ia dapatkan.
·   Skema Organisasi Nama
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan, yang mengejarkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya
·   Skema Organisasi Nama dan Jabatan
Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.
·   Skema Organisasi Struktur
Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut, dan juga fungsi-fungsi antara bagian-bagian itu satu sama lain yang saling berhubungan dan juga saling membantu


Contoh struktur organisasi

Struktur tradisional
Struktur ini didasarkan pada Bagian fungsional dan departemen. Ini adalah jenis struktur yang mengikuti aturan dan prosedur, serta memiliki garis otoritas yang tepat untuk semua tingkatan dalam manajemen.

Struktur Line
Ini adalah jenis struktur yang memiliki lini perintah yang sangat spesifik. Persetujuan dan perintah dalam struktur ini mengarah dari tingkat manajemen atas ke bawah dalam bentuk garis lurus. Struktur ini cocok untuk organisasi yang lebih kecil seperti kantor akuntan dan kantor hukum. struktur ini mempermudah pengambilan keputusan serta tidak terlalu formal, hanya memiliki sedikit Bagian, yang membuat seluruh organisasi yang sangat terdesentralisasi.

Struktur line dan staf
Struktur line dan staf menggabungkan struktur line dimana informasi dan persetujuan berasal dari atas ke bawah, dengan tambahan staf per Bagian untuk dukungan dan spesialisasi. Struktur organisasi ini lebih terpusat. Manajer Bagian dan staf memiliki otoritas atas bawahan mereka, tetapi staf manajer tidak memiliki otoritas atas manajer dan bawahannya. Proses pengambilan keputusan menjadi lebih lambat karena adanya manajer Bagian dan staf manajer ini, serta formalitas-formalitas yang diperlukan dalam organisasi.

Struktur fungsional
struktur organisasi ini mengklasifikasikan anggotanya menurut fungsi yang dilakukan oleh mereka dalam organisasi. Struktur organisasi untuk organisasi fungsional terdiri dari Wakil Direktur, Bagian Penjualan, Bagian Layanan Pelanggan, Bagian Produksi, serta Bagian Administrasi.

Struktur Divisi
Ini adalah jenis struktur yang didasarkan pada divisi yang berbeda dalam organisasi. Struktur ini didasarkan pada pengorganisasian karyawan dan pekerjaan berdasarkan jenis-jenis aktifitas / pekerjaan yang dilakukan.

Struktur Matriks
Ini adalah struktur yang merupakan kombinasi dari struktur fungsional dan divisi. Struktur ini adalah struktur organisasi yang paling kompleks dan biasanya merupakan struktur organisasi yang efisien.


Beberapa Jenis Struktur Organisasi Lainnya

Struktur Birokrasi
Struktur jenis dapat dilihat dalam organisasi yang tinggi di mana semua tugas, proses dan prosedur memiliki standar. Struktur ini cocok untuk perusahaan besar yang melibatkan operasi yang kompleks namun memerlukan kelancaran administrasi yang baik.

Struktur Pra-Birokrasi
 Bentuk struktur organisasi datar dimana administrasi dan kontrol terpusat dan hanya ada sedikit standarisasi tugas.

Struktur jaringan
Dalam struktur semacam ini, para manajer organisasi yang diperlukan untuk mempertahankan dan mengkoordinasikan hubungan bisnis / profesional dengan pihak ketiga seperti klien, vendor dan rekanan dalam rangka mencapai tujuan kolektif profitabilitas dan pertumbuhan organisasi. Biasanya, struktur ini menggunakan telekomunikasi dan media elektronik sehingga struktur ini juga dikenal sebagai Struktur Virtual.

Struktur Tim
Organisasi dengan struktur tim memiliki aliran proses secara vertical dan horizontal.Yang paling membedakan dari struktur organisasi ini adalah tugasdan proses yang berbeda dan dialokasikan kepada tim-tim khusus yang dibentuk dari anggota organisasi sebagai koordinasi pembagian tugas yang harmonis.


Sumber :


No comments:

Post a Comment