Setiap
organisasi yang efektif pastinya memiliki struktur organisasi. struktur organisasi
menentukan hirarki dan struktur pelaporan dalam organisasi, yang kadang juga
disebut bagan organisasi. Ada berbagai jenis struktur organisasi yang dianut
perusahaan bergantung pada berbagai kondisi, seperti kondisi geografis, produk,
daerah, atau hirarki. Singkatnya, struktur organisasi merupakan perencanaan
yang menunjukkan organisasi kerja dan susunan sistematis kerja. Penting untuk
menemukan struktur organisasi yang terbaik untuk organisasi agar tidak menghambat fungsi dan tujuan dari organisasi
itu sendiri.
Menurut
Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :
1. Bentuk Vertikal
Dalam
bentuk ini, sistem organisasi pimpinan sampai organisasi atau pejabat yang
lebih rendah digariskan dari atas ke bawah secara vertikal.
2. Bentuk Mendatar / Horizontal
Dalam
bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan
organisasi atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan dari kiri kea rah
kanan atau sebaliknya.
3. Bentuk Lingkaran
Dalam
bentuk lingkaran, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinana sampai dengan satuan
organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke aarah
bidang lingkaran.
4. Bentuk Setengah Lingkaran
Bagan
Setengah lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenang dari
pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah
disusun dari pusat lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya.
5. Bentuk Elliptical
Dalam
bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan
organisasi atau pejabat yang terendah digambarkan dengan pusat Elips kearah
bidang elips
6. Bentuk Piramid terbalik
Dalam
bentuk ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan organisasi atau
pejabat terendah digambarkan dalam susunan berbentuk piramid terbalik.
Setiap
bentuk bagan organisasi yang ada menggambarkannya dapat dibalik, kecuali bagan
lingkaran, bagan elips dan bagan sinar. Bagan pyramid dapat disusun dari bawah
kea rah atas, bagan mendatar dapat disusun dari kanan kea rah kiri, bagan
menegak (Vertikal) dapat disusun dari bawah ke atas, bagan setengah lingkaran
dapat di susun dari pusat lingkaran ke arah bidang atas lingkaran, bagan
setengah elips dapat disusun dari pusat elip kea rah bidang atas elip. Dalam bagan
lingkaran, bagan elip dapat pula digambar satuan organisasi atau pejabat yang
lebih rendah kedudukannya terletak di atas, tetapi ini semua tidak mengubah
jenjang ataupun kedudukan yang sesungguhnya.
Macam-macam Skema
Organisasi
a. Berdasarkan teknik atau cara membuatnya :
· Skema organisasi Tegak Lurus dari atas
kebawah
· Skema organisasi Mendatar dari kiri kekanan
· Skema organisasi gabungan Tegak Lurus dan
Mendatar
· Skema organisasi Lingkaran
· Skema organisasi Gambar
b. Berdasarkan isi atau fungsi didalamnya :
· Skema Organisasi Fungsional
Menjelaskan
tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi
yang lain dan saling berkaitan antara satu dengan yang lain.
· Skema Organisasi Jabatan
Menjelaskan
tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing,
tetang cara bekerja, apa yang harus ia lakukan dan pencapaian yang ia dapatkan.
· Skema Organisasi Nama
Menjelaskan
tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat
yang bersangkutan, yang mengejarkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya
· Skema Organisasi Nama dan Jabatan
Menggabungkan
antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu
organisasi.
· Skema Organisasi Struktur
Menjelaskan
tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut, dan juga
fungsi-fungsi antara bagian-bagian itu satu sama lain yang saling berhubungan
dan juga saling membantu
Contoh struktur
organisasi
Struktur tradisional
Struktur
ini didasarkan pada Bagian fungsional dan departemen. Ini adalah jenis struktur
yang mengikuti aturan dan prosedur, serta memiliki garis otoritas yang tepat
untuk semua tingkatan dalam manajemen.
Struktur Line
Ini
adalah jenis struktur yang memiliki lini perintah yang sangat spesifik.
Persetujuan dan perintah dalam struktur ini mengarah dari tingkat manajemen
atas ke bawah dalam bentuk garis lurus. Struktur ini cocok untuk organisasi
yang lebih kecil seperti kantor akuntan dan kantor hukum. struktur ini
mempermudah pengambilan keputusan serta tidak terlalu formal, hanya memiliki
sedikit Bagian, yang membuat seluruh organisasi yang sangat terdesentralisasi.
Struktur line dan staf
Struktur
line dan staf menggabungkan struktur line dimana informasi dan persetujuan
berasal dari atas ke bawah, dengan tambahan staf per Bagian untuk dukungan dan
spesialisasi. Struktur organisasi ini lebih terpusat. Manajer Bagian dan staf
memiliki otoritas atas bawahan mereka, tetapi staf manajer tidak memiliki
otoritas atas manajer dan bawahannya. Proses pengambilan keputusan menjadi
lebih lambat karena adanya manajer Bagian dan staf manajer ini, serta
formalitas-formalitas yang diperlukan dalam organisasi.
Struktur fungsional
struktur
organisasi ini mengklasifikasikan anggotanya menurut fungsi yang dilakukan oleh
mereka dalam organisasi. Struktur organisasi untuk organisasi fungsional
terdiri dari Wakil Direktur, Bagian Penjualan, Bagian Layanan Pelanggan, Bagian
Produksi, serta Bagian Administrasi.
Struktur Divisi
Ini
adalah jenis struktur yang didasarkan pada divisi yang berbeda dalam
organisasi. Struktur ini didasarkan pada pengorganisasian karyawan dan
pekerjaan berdasarkan jenis-jenis aktifitas / pekerjaan yang dilakukan.
Struktur Matriks
Ini
adalah struktur yang merupakan kombinasi dari struktur fungsional dan divisi.
Struktur ini adalah struktur organisasi yang paling kompleks dan biasanya
merupakan struktur organisasi yang efisien.
Beberapa Jenis Struktur
Organisasi Lainnya
Struktur Birokrasi
Struktur
jenis dapat dilihat dalam organisasi yang tinggi di mana semua tugas, proses
dan prosedur memiliki standar. Struktur ini cocok untuk perusahaan besar yang
melibatkan operasi yang kompleks namun memerlukan kelancaran administrasi yang
baik.
Struktur Pra-Birokrasi
Bentuk struktur organisasi datar dimana
administrasi dan kontrol terpusat dan hanya ada sedikit standarisasi tugas.
Struktur jaringan
Dalam
struktur semacam ini, para manajer organisasi yang diperlukan untuk mempertahankan
dan mengkoordinasikan hubungan bisnis / profesional dengan pihak ketiga seperti
klien, vendor dan rekanan dalam rangka mencapai tujuan kolektif profitabilitas
dan pertumbuhan organisasi. Biasanya, struktur ini menggunakan telekomunikasi
dan media elektronik sehingga struktur ini juga dikenal sebagai Struktur
Virtual.
Struktur Tim
Organisasi
dengan struktur tim memiliki aliran proses secara vertical dan horizontal.Yang
paling membedakan dari struktur organisasi ini adalah tugasdan proses yang
berbeda dan dialokasikan kepada tim-tim khusus yang dibentuk dari anggota
organisasi sebagai koordinasi pembagian tugas yang harmonis.
Sumber :
No comments:
Post a Comment